Karpet, Wallpaper, FlooringKarpet Sajadah Masjid - Karpet Custom, Roll, Tile, Masjid

Karpet Sajadah Masjid

Suatu ruangan bisa tampak nyaman dan indah karena apa yang terlihat dari elemen-elemen dekorasinya. Dekorasi ruangan banyak sekali elemen-elemenya. Salah satunya yaitu karpet lantai untuk membuat lantai nyaman  ketika kita melewatinya. Bukan hanya kenyamanan saat berjalan, namun juga kesan indah tersendiri yang dapat dilihat dari adanya suatu karpet. Bukan hanya rumah, perkantoran, bahkan gedung-gedung yang membutuhkan elemen dekoratif interior ini. Masjid pun demikian. Hanya saja, dalam sebuah masjid, karpet ini lebih dikhususkan fungsinya sebagai sajadah ketika sholat. Dengan penggunaan karpet sajadah masjid yang lembut dan tebal maka akan membuat orang yang ada di atas nya pun nyaman dan khusyu’ ketika sholat.

Nah, karpet sajadah untuk masjid memang banyak macamnya, ada yang dari local dan ada yang karpet khas Turki. Sedangkan yang akan kita bahas kali ini yaitu karpet Turki. Karpet Turki merupakan karpet yang dikenal mempunyai kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan karpet lainnya. Secara garis besar, karpet permadani Turki terbagi menjadi dua jenis , yakni karpet buatan mesin dan karpet buatan tangan ( handmade ). Khusus karpet Turki yang  akan kita bahas yaitu karpet Turki yang buatan mesin yakni karpet sajadah masjid yang biasa kita sebut dengan shaf roll.

Shaf roll ini dibuat untuk shaf sholat baik di masjid maupun musholla. Dari segi motif, karpet sajadah ini dibagi menjadi 2, yaitu motif pilar dan polos. Dan warna yang biasa diminati yakni merah dan hijau. Motif pilar yaitu motif yang terdapat pembatas atau sekat dan dalam tengah kotak sekat terdapat gambar kubah atau pilar. Motif seperti ini sudah banyak dijumpai di kebanyakan masjid maupun mushola. Dan motif pilar ini memang motif pertama saat diluncurkannya karpet sajadah. Dan ciri khas motif klasiknya juga sangat kuat dibandingkan dengan motif polos. Namun, kebanyakan orang jika menggunakan karpet sajadah pilar ini setiap jama’ah cenderung sholat di tengah pilar tersebut, sedangkan sekat pembatasnya cukup jauh dan seharusnya memuat dua / tiga orang. Hal tersebut membuat posisi sholat jama’ah jadi tidak padat.

Untuk anda yang lebih menyukai motif simple, karpet sajadah Turki juga menyediakan motif polos sebagai pelengkap dari motif pilar tadi. Dengan motif polos ini, lebih memungkinkan bagi jama’ah untuk dapat merapatkan barisan shafnya karena tidak terpaku pada kubah atau sekkat yang biasa terdapat pada motif pilar. Motif ini juga cocok diaplikasikan pada masjid atau musholla yang berukuran kecil, karena motifnya yang minim sesuai dengan kondisi ruangan yang anda, dan pemakaian motif polos pada ruangan seperti itu tampak menciptakan ruangan yang lebih luas pula. Namun, pilihan tetap di tangan anda dan sesuai dengan selera anda.

Diantara kelebihan kelebihan tadi, background sajadah karpet Turki juga sangat kuat sehingga lebih tahan lama hingga lebih dari sepuluh tahun. Bulunya yang padat dan halus akan memberikan kesan empuk saat di pijak dan tidak mudah roboh benangnya walaupun sudah dipakai selama beberapa tahun. Masih ada lagi kelebihan lainnya, yaitu bila masjid anda menggunakan karpet sajadah masjid buatan Turki ini, anda tak perlu lagi memasang under layer di bawahnya karena memang sudah tebal dan empuk. Selain itu juga anda tidak perlu lagi menggunakan lem untuk memasangnya di lantai masjid sehingga tidak merusak keramik dan sangat memudahkan bila hendak di cuci.

Berikut beberapa contoh dari motif karpet sajadah untuk motif polos dan contoh penerapannya dalam suatu masjid:

Karpet sajadah Turki ini banyak memiliki perbedaan kualitas, diantaranya, bahan, kerapatan, dan kualitas bahannya.Ada yang kualitasnya premium dan ada juga yang standar. Semua tergantung kemampuan dan selera anda dalam mendapatkan karpet sajadah Turki ini. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan para pembaca mengenai karpet sajadah yang tepat untuk diaplikasikan pada masjid maupun musholla di lingkungan anda.

Respond For " Karpet Sajadah Masjid "

%d bloggers like this: