Karpet, Wallpaper, FlooringCara Merawat Rumput Sintetis Agar Tetap Bersih - Karpet Custom, Roll, Tile, Masjid

Cara Merawat Rumput Sintetis Agar Tetap Bersih

Di masa modern ini, banyak kalangan masyarakat yang telah menggunakan rumput sintetis sebagai salah satu elemen dekorasi rumah layaknya karpet namun lebih bernuansa alami. Lalu, bagaimana cara kita membersihkan rumput sintetis dari debu dan kotoran setelah lama pemakaian? Bagaimana pula cara kita merawat rumput sintetis supaya tetap awet dan tahan lama?   

Rumput sintetis merupakan aksen dekorasi yang wajib Anda gunakan ketika hendak menciptakan desain interior dan eksterior yang bersifat natural. Tidak hanya di lantai, Anda juga bisa menempelkannya di dinding. Sekilas rupa dari aksen ini tidak ubahnya seperti hamparan rumput. Bedanya adalah Anda tidak perlu repot menyiram dan memberikannya pupuk sehingga jauh lebih praktis.

Dalam hal ketahanan (durable), rumput sintetis dapat bertahan hingga 5-10 tahun ke depan. Namun, disamping itu kita juga mesti rajin membersihkannya dan merawatnya untuk menjaga ketahanannya sehingga  kita tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli dan membelinya  berkali-kali untuk mendapatkan yang baru. Untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan alat penghisap yang kuat seperti vacuum cleaner. Perlu perawatan secara rutin untuk menjaga rumput sintetis itu tetap bersih.

Berikut ini tips atau cara untuk merawat rumput sintetis :

1. Gunakan detergen sebagai bahan untuk membersihkan

Dalam membersihkan rumput sintetis memang lebih praktis menggunakan alat pembersih seperti vacuum cleaner. Namun, untuk menghilangkan noda yang membandel di sela-sela rumput tidaklah cukup hanya dengan vacuum cleaner. Melainkan juga perlu dibersihkan dengan campuran air dan detergen. Gunakan pula spons sebagai alat pembersihnya. Pertama, setelah air dan detergen tercampur, celupkan spons ke dalam air tersebut, peras, dan bersihkan debu dan kotoran menggunakan spons tadi.   

2. Hindari tetesan air

Untuk memasang rumput sintetis ini terdapat dua cara yakni merekatkannya menggunakan lem dan paku. Nah, khusus untuk anda yang memiliki rumput sintetis dengan lem sebagai perekat, harap hindari tetesan air. Terutama ketika hujan terjadi kebocoran. Sebaiknya lantai yang dikehendaki menggunakan rumput sintetis usahakan tetap kering.

3. Cek Rubber Granules

Rumput sintetis memiliki lapisan-lapisan yang saling tersusun menjadi satu. Ada pula lapisan yang biasa disebut rubber granules. Lapisan ini terbuat dari bahan karet yang menjadi tempat merekatkannya helaian-helaian rumput sintetis. Selain itu, rumput ini juga akan membuat rumput sintetis terasa empuk serta tidak gampang aus. Anda harus senantiasa memperhatikan kondisi lapisan rubber granules. Jika lapisan ini sampai berlubang atau koyak, tinggal menunggu waktu saja maka keseluruhan dari rumput sintetis tersebut pasti rusak.

4. Semprotkan Cairan Khusus

Untuk merawat rumput sintetis salah satunya dengan cara menyemprotkan cairan khusus. Cairan ini sudah banyak dijual di pasaran. Tujuan dari penggunaan cairan ini yaitu untuk menjaga rumput tetap cerah dan warna tidak mudah pudar. Anda bisa melakukan penyemprotan satu sampai dua kali dalam sebulan.

5. Sisir setiap helai rumput

Demi menjaga kerapian dan ketahanan rumput sintetis, anda juga perlu menyisiri helai-helai rumputnya supaya rumput itu terawatt, tidak keriting dan pastinya tidak mudah kusut apalagi rapuh. Namun, jangan gunakan sisir rambut biasa yah. Gunakan sisir khusus yang giginya lebih renggang dan sisirlah dengan gerakan searah supaya kondisinya tetap terjaga / merusak bentuk aslinya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat rumput sintetis agar tetap bersih dan tentunya tahan lama.

Respond For " Cara Merawat Rumput Sintetis Agar Tetap Bersih "

%d bloggers like this: