Karpet, Wallpaper, FlooringCara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama - Karpet Custom, Roll, Tile, Masjid

Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama

Wallpaper sudah tak asing lagi dalam pendengaran kita bukan? Karena motifnya yang beragam dan mempercantik tampilan rumah membuat wallpaper banyak diminati masyarakat luas. Idealnya, wallpaper dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya. Namun, jika terjadi kesalahan sedikit dalam pemasanganya, justru membuat wallpaper ini mudah rusak, kusam, dan tentunya tidak tahan lama. Nah, untuk anda yang gemar berkreasi demi terwujudnya tampilan dekorasi rumah yang indah, berikut langkah langkah pemasangan wallpaper agar hasilnya tahan lama :

1.Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan yang harus anda siapkan diantaranya alas plastik, tangga, meteran, roller, ampelas, dua buah bak untuk mengaduk lem, lem wallpaper, benang dengan pemberat, kuas lem, pisau cutter, pensil, dan penggaris. Siapkan semua peralatan tersebut secara lengkap terlebih dahulu agar tidak menghambat proses pemasangan.

2.Mempersiapkan Dinding

Keadaan dinding harus lembab. Jika tidak, lapisi dengan cat anti lembab terlebih dahulu. Tidak ada kotoran / debu yang menempel. Jika cat masih baru, tunggu sampai kering. Dan pastikan permukaan dinding halus dan rata. Karena dengan begitu wallpaper akan menempel dengan rapi dan baik.

3.Melakukan pengukuran

Ukurlah panjang dan lebar dinding sesuaikan dengan ukuran wallpaper atau sebaliknya. Untuk sambungan, lebihkan ukuran kertas dinding sepanjang 1 cm sampai 1,5 cm.

4.Memotong Wallpaper

Potong wallpaper sesuai hasil pengukuran. Temukan pola yang berulang sebagai tempat Anda memotong wallpaper. Ukur objek pada ujung kertas sampai menemukan objek yang sama persis. Ukuran ini digunakan untuk menandai kertas sebelum Anda memotong menjadi panel-panel. Biasanya petunjuk pemasangan untuk menyatukan motif antar panel ada pada kemasan. Perhatikan petunjuk tersebut pada saat pemasangan supaya motifnya sesuai dengan seharusnya.

5.Menandai Posisi Memasang Wallpaper

Agar hasilnya lurus, tandai setiap posisi pemasangan wallpaper dengan pensil menggunakan alat tambahan berupa benang, penggaris dan alat pemberat.

6.Melapisi Dinding dengan Lem

Caranya dengan mencampurkan air dan lem dengan takaran sesuai petunjuk pada kemasan. Buat campuran lem menjadi 2 bak. Bak pertama untuk melapisi keseluruhan. Dan yang kedua untuk melapisi bagian sambungan.Usahakan untuk sambungan, campuran lemnya lebih kental agar meningkatkan daya rekat lem terhadap wallpaper dan dinding. Usapkan lem tersebut pada dinding yang akan dipasang wallpaper.

7.Menempelkan Wallpaper

Jika pada wallpaper terdapat perekat di belakangnya, maka bersihkan dengan air menggunakan spons. Baru setelah itu tempelkan wallpaper pada dinding mulai dari ujung dinding dengan memperhatikan tanda yang sebelumnya dibuat. Dan pastikan bagian bawah wallpaper sejajar dengan garis lantai. Untuk bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental untuk melapisi dinding dengan menggunakan kuas khusus.

8.Meratakan Wallpaper

Setelah itu, ratakan wallpaper dinding penggaris akrilik. Potonglah jika ada sisa sisa wallpaper yang berlebihan. Dan pastikan tidak ada wallpaper yang menggelembung apalagi tidak menempel.

9.Cek

Coba anda cek apakah hasil pemasangan wallpaper itu terdapat sisa sisa lem yang menempel atau tidak terutama di bagian sudut atau sambungan. Cek kerapian wallpaper agar hasilnya dapat dirasakan dengan baik. Baik itu dari kerapian maupun durablenya.

Itulah langkah langkah yang perlu dilakukan dalam memasang wallpaper dengan baik dan benar agar hasil pemasangannya lebih cantik dan tahan lama. Setelah anda selesai memasang wallpaper pada dinding rumah anda, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin dari debu dan kotoran yang menempel.

Ar.Decor merupakan salah satu distributor wallpaper di Jakarta yang menjual berbagai macam wallpaper dinding dan melayani jasa pemasangannya.

Respond For " Cara Memasang Wallpaper Dinding Agar Hasilnya Tahan Lama "

%d bloggers like this: